Selasa, Mei 14, 2013

ITAEWON  



  Itaewon merupakan sebuah daerah di Kota Seoul dengan ciri khas budaya luar Korea. Awalnya merupakan daerah tempat tinggal tentara AS yang tinggal di Korea setelah Perang Korea (1950-1953), yang kemudian berkembang setelah Olimpiade Seoul tahun 1988 dan Piala Dunia FIFA tahun 2002. Sejak itu, Itaewon menjadi sebuah distrik multikultural yang merangkul budaya Timur dan Barat. Di daerah ini kita akan menemukan berbagai toko yang menjual pakaian dan aksesori dari berbagai ukuran dan gaya atau restoran internasional dan bar. Perpaduan unik itulah yang menyebabkan Itaewon menjadi salah satu tempat tujuan wajib wisatawan asing.

 

Islamic Street dan Seoul Central Mosque 


Bagi pengunjung beragama Islam yang mengunjungi Seoul, mungkin mengalami kesulitan dalam menemukan makanan halal dan tempat beribadah, namun akan mudah jika berkunjung ke Itaewon. Di Itaewon terdapat Seoul Central Mosque, yang merupakan pusat masjid di Korea, dan ‘Islamic Street,' yang menyediakan makanan-makanan halal di sepanjang daerah tersebut. Oleh karena itu, ‘Islamic Street’ selalu ramai dengan umat muslim dan wisatawan luar lainnya, khususnya saat sore hari.


Seoul Central Mosque

Itaewon terkenal dengan Seoul Central Mosque yang merupakan pusat dari sepuluh masjid yang ada di Korea. Dengan 100,000 lebih umat Muslim yang tinggal di Korea, jumlah pengunjung ke masjid terus meningkat setiap tahun. Masjid ini dibuka pada tahun 1976 untuk mempromosikan hubungan persahabatan antara Korea dan negara-negara Muslim dan untuk memperkenalkan budaya Islam ke Korea.

Rata-rata setiap hari, 20-30 jamaah mengunjungi Masjid ini, namun akan berlipat menjadi ratusan jika hari Jumat atau akhir pekan. Masjid merupakan sebuah tempat peristirahatan yang nyaman bagi mereka (siswa muslim, diplomat, pengusaha, dan penduduk lain dari Korea) yang berusaha untuk hidup dengan aturan ketat Alquran. Sebuah festival juga diselenggarakan di masjid setiap tahun selama periode puasa Ramadan.

Seoul Central Mosque juga bertanggung jawab untuk sertifikasi halal produk Korea yang diekspor ke negara-negara Islam. Seoul Central Mosque satu-satunya lembaga resmi sertifikasi halal di Korea yang diakui oleh negara-negara Islam. Sejak awal 1990-an, telah memberikan sertifikat halal kepada 174 jenis barang ekspor, termasuk produk susu Korea, mie ramyeon, kimchi, dan teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar